Seputar Jadwal El Clasico Barcelona vs Real Madrid Di Liga Spanyol Dan Tribute Untuk Andres Iniesta

Laga akbar El Clasico terakhir antara Barcelona vs Real Madrid di La Liga 2017-2018 akan digelar hari Minggu 6 Mei 2018 waktu setempat (Senin 7/5/2018 dini hari mulai kick-off pukul 01:45 WIB) di Camp Nou, Barcelona, sekaligus menjadi peluang emas bagi tim tuan rumah untuk menyegel juara Liga Spanyol musim ini.

Barcelona berhasil menduduki puncak klasemen sementara Liga Spanyol tanpa kalah dan mengoleksi 83 poin dari 33 pertandingan perdana, meninggalkan Atletico Madrid yang berada di posisi runner up dengan selisih lebih dari 10 poin.

Sedangkan Real Madrid tertahan di peringkat ketiga dengan total 68 poin dari 33 pertandingan yang dihadapinya di sepanjang musim ini.

Jadwal Pertandingan Pra El Clasico

Sebelum saling berhadapan di El Clasico pekan ke-36 Liga Spanyol, Real Madrid lebih dahulu akan berhadapan dengan Leganes (28/4/2018), sebelum kemudian menghadapi leg kedua semi final Liga Champions bersama Bayern Munchen di Santiago Bernabeu pada Rabu (2/5/2018) dini hari WIB sebelum bertandang ke Camp Nou.

Sedangkan sang juara Copa del Rey musim ini, Barcelona, akan menghadapi Deportivo La Coruna sebelum menyambut kedatangan Cristiano Ronaldo dkk.

Rekor El Clasico Barcelona vs Real Madrid

Hingga 236 laga El Clasico, yang digelar lintas kompetisi tanpa memperhitungkan persahabatan pra musim atau persahabatan lainnya, kedua tim nampak cukup berimbang dengan sedikit keunggulan Real Madrid yang berhasil 95 kali menang, dibandingkan Barcelona yang meraih 92 kemenangan. Sementara 49 pertemuan h2h lainnya berakhir imbang.

Khusus di La Liga, Los Blancos berhasil memenangkan 72 dari 175 duel El Clasico, Barcelona menang 70 kali, dan 33 lainnya berakhir imbang.

Namun di pertemuan El Clasico perdana di paruh pertama La Liga musim ini, Blaugrana berhasil menorehkan kemenangan telak saat bertandang ke Santiago Bernabeu, mengakhiri duel klasik tersebut dengan skor 3-0 lewat kepiawaian Luis Suarez, Lionel Messi, serta Aleix Vidal.

Guard of Honor Bagi Barcelona?

Menilik torehan poin dari masing-masing klub di Liga Spanyol musim ini, Barcelona memiliki kesempatan untuk menyegel gelar juara lewat kemenangan bergengsi dalam El Clasico di Camp Nou.

Baik Barca maupun Real Madrid masih memiliki tiga laga liga terakhir setelah saling berhadapan di El Clasico sehingga membuka peluang bagi skuad asuhan Ernesto Valverde untuk membungkus gelar juara lewat selisih satu poin saja.

Namun pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, telah mendengungkan penolakan untuk memberikan ‘Guard of Honour’ sebagai bentuk penghormatan seandainya Barca berhasil merebut trofi La Liga sebelum atau melalui duel El Clasico awal Mei mendatang.

“Jika sebuah guard of honour setelah memenangkan trofi adalah sebuah tradisi maka Barcelona telah melanggarnya, jadi kami tidak akan melakukannya di Camp Nou dan ini keputusan saya,” tegas Zidane dikutip dari Marca (7/4/2018).

Penuturan Zidane tersebut merujuk pada laga Clasico 23 Desember 2017 silam ketika Barca menolak memberikan penghormatan yang sama kepada Real Madrid di Santiago Bernabeu terkait kemenangan tuan rumah di kompetisi Club World Cup.

“Di klub ini, kami biasanya melakukan guard of honour ketika kami berpartisipasi dalam turnamen dimana tim tersebut menang,” jelas Guillermo Amor.