Perencanaan Pembangunan Gorong-gorong dan Drainase

Mengatasi masalah di musim hujan, yaitu, luapan air akibat jalur drainase yang sempit. Pemerintah desa Jetiz mengadakan pertemuan perencanaan untuk membuat parit dan drainase  pabrik u ditch surabaya yang sesuai untuk desa Gumuk. Pertemuan tersebut dihadiri oleh kepala desa, presiden TPC, sekretaris desa, PCTCP, perwakilan desa dan perwakilan tokoh masyarakat dari desa Gumuk.

Program dimulai dengan presentasi oleh Bpk. Suvardi sebagai kepala desa Getis, setelah itu Bpk. Varsono menjelaskan struktur kegiatan yang bertanggung jawab dari Ketua, yaitu, kepala desa untuk para pekerja menurut bidang mereka. Bapak Varshono juga mengatakan bahwa pada pertemuan itu diharapkan bahwa setiap orang yang memiliki pendapat akan dapat mengekspresikan diri mereka dan terbuka satu sama lain untuk mencapai tempat tersebut. Dengan demikian, rencana tindakan dapat dijalankan tanpa masalah sedikit pun.

Pertemuan berbicara tentang RAB, desain gorong-gorong pabrik beton precast surabaya, bahan dan bahan pengendali. Dana untuk kegiatan pembangunan berasal dari Dana Pedesaan dengan total anggaran ± 17 juta rupee. Ada dua hal dalam kegiatan pengembangan ini yang bisa meluap saat musim hujan. Diputuskan bahwa tempat yang digunakan sebagai pos bahan di Pos Bulat di Dusun Gamuk dan untuk pengecekan bahan adalah Purdy dan Bpk. Jumari sebagai kepala dusun Hammuk.

Pemerintah meminta semuanya siap sehingga pekerjaan dapat dimulai pada hari Minggu, 18 November 2018. Alasannya, sudah memasuki musim hujan, sehingga saat pekerjaan konstruksi berlangsung, akan bermasalah jika turun hujan. Di sisi lain, hujan dapat merusak bangunan karena bangunan belum kering.