MEMILIH BOKS BAYI YANG AMAN DAN NYAMAN

Salah satu bentuk untuk persiapan yang tidak bisa dilupakan oleh orang tua yang sedang menunggu buah hati kesayangannya adalah dengan memilih tempat tidur bayi. apabila Anda memilih untuk tidur terpisah dengan anak Anda, maka tempat tidur yang harus anda pilih bisa berbentuk boks dengan jeruji yang bisa mengelilingi Kasur supaya bayi tidak mudah terjatuh.

Telah banyak terjadi kasus bayi yang cedera atau bahkan sampai bisa meninggal hanya karena pemilihan boks bayi yang kurang tepat. Entah keracunan bahan material tempat tidur,entah terjatuh dari tempat tidur dan berbagai macam faktor lainnya yang membahayakan bagi si buah hati. Seorang bayi bisa menghabiskan sebagian besar waktunya ketika sedang tidur. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk dapat memilih tempat tidur bayi dengan tepat supaya sang anak dapat tidur dengan nyaman dan aman. Tidak harus dengan boks bayi yang terlalu mahal dan mewah, anda hanya saja perlu memilihkan boks bayi yang nyaman dan aman. Dalam memilih boks bayi yang cocok bagi si buah hati, ada beberapa macam faktor yang harus dipertimbangkan, baik dari segi bentuk kelengkapan,fisik dan material.

Jeruji atau Pagar, ini adalah bagian yang paling penting dalam boks bayi sebab sangat berfungsi untuk menjaga keselamatan sang bayi. Untuk bahan yang dari jeruji dan rangka, pilihlah bahan dari plastik atau kayu sebab lebih tahan lama. Apabila Anda memilih boks yang berbahan kayu, pastikan terlebih dahulu jenis kayu apa yang Anda pilih kuat dan tidak yang bertekstur kasar, contohnya saja ada kayu mahoni. Untuk pagar atau jaruji, janganlah menggunakan pagar dengan jenis drop sides, yaitu pagar yang mudah digeser ke bawah dan ke atas. apabila tidak berhati hati, tuas pada pengait pagar dapat terlepas dan bayi berisiko terjepit atau terjatuh.

Selanjutnya, dalam memilih kasur, hal yang paling penting yang harus Anda harus pertimbangkan pula adalah dari tingkat kepadatannya. Kasur yang bagus untuk bayi adalah kasur yang memiliki tekstur yang padat. Kasur yang terlalu empuk bisa menimbulkan gangguan pada tulang punggung bayi Anda yang masih sangat rapuh. Selanjutnya ada kelambu, akan sangat berguna sekali untuk bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan terpaan angin luar. Di samping itu, kelambu dapat juga membantu menghangatkan tubuh si buah hati. Pilihlah bahan kelambu yang mempunya tekstur yang lembut dan mempunyai jaring yang rapat. Harus bisa disesuaikan pula pada posisi penempatan kelambu sehingga sirkulasi udara di dalamnya selalu tetap terjaga.

Anda juga bisa menambahkan alas karpet dengan motif yang natural atau harga karpet masjid polos. Karpet bisa diletakkan di samping tempat tidur bayi.