Masa-Masa Sulit Abigael Pun Berlalu

Savira Despuri (28) harus mempercepat kelahiran buat hatinya, Muhammad Abigael Adiguna (12 bulan) di usia kandungan 31 Minggu. “Jika dilanjutkan, kehamilan itu sangat berbahaya buat saya dan janin,” kata Savira. Sang suami, Zhundy (26), pun menguatkan dan berkata, ini adalah jalan terbaik. Dengan BB yang sangat rendah, 1160 gram, Abigael pun dilahirkan lewat operasi sesar. Kondisinya rentan dengan gangguan. Namun keajaiban Tuhan memang selalu ada. Abigael kini tumbuh sehat dan cerdas.

“Empat hari setelah melahirkan saya diizinkan pulang. Namun kondisi Abigael belum stabil sehingga perlu terus dirawat dalam inkubator. Sebagai ibu, saya sangat sedih, apalagi melihat banyak sekali selang yang terpasang di tubuhnya. Saya dikuatkan oleh suami kalau ini adalah yang terbaik buat Abigael dibandingkan kalau ia harus terus berada di dalam kandungan. Kami terus berdoa agar Abigael diberikan kekuatan untuk melewati masa-masa sulitnya, tumbuh dengan sehat, dan bisa berkumpul dengan kami di rumah.

Dua Bulan Di Rumah Sakit

Alhamdulillah, dokter menyatakan bahwa organ tubuh Abigael tidak ada yang terganggu. Paru-paru, jantung, lambung, mata, ginjal, dan lainnya semua dinyatakan sehat. Masalahnya hanya berat badan saat lahir (BBLR) yang sangat rendah. Kata dokter, hal ini bisa diatasi dengan pemberian ASI terus menerus ditambah dengan susu khusus untuk bayi BBLR. Awalnya, saya harus memberikan ASI setiap dua jam sekali. Takaran ASI-nya pun harus diukur supaya sesuai dengan kebutuhan Abigael. Kemudian takaran ASI terus ditambah seiring pertambahan BB-nya.

Namun hal ini tak berjalan mulus, kondisi Abigael naik turun sehingga takaran ASI harus terus disesuaikan. Selain BB, kadar bilirubin Abigael pun tinggi, ia harus disinar. Kondisinya yang lemah juga membuatnya mudah terinfeksi sehingga harus dirawat sangat intensif. Saya pun diminta melakukan gendong kanguru pada Abigael. Metode gendong ini, saya harus menyentuhkan kulit saya dengan Abigael secara langsung. Hal ini diyakini akan membuat bayi lebih hangat, aman, nyaman, sehingga BB nya pun cepat bertambah.

Saya tak perlu bingung melakukannya karena pihak rumah sakit mengajarinya. Terbukti, BB Abigael terus bertambah dan kondisi tubuhnya semakin stabil. Saya juga diajari cara menyusui yang benar, memandikan, memakaikan baju, pijat bayi, dan sebagainya. Tentu ini sangat bermanfaat. Saya juga tak putusputusnya berdoa semoga saya diberi ketabahan dan kekuatan, dan yang terpenting lagi Abigael diberi kesehatan.”

Merawat anak sejak lahir memang membutuhkan banyak sekali tenaga, bahkan sampai dewasa nanti. Ketika sudah mulai bersekolah bimbingan belajar bahasa asing diperlukan karena daya serap otak masih sangat bagus sekali. Kunjungi lembaga bimbingan bahasa asing terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik pula.