Manfaat minuman herbal dari jeruk nipis dapat mengobati sakit ini

manfaat minuman jeruk nipis

Jeruk nipis berasal dari tanaman Citrus aurantifolia dan nama jeruk nipis sendiri memiliki berbagai sebutan di beberapa daerah di Indonesia. Seperti  jeruk pecel (Jawa tangah), lemau nepi (pulau Kalimantan), jeruk nipis (Jawa barat) dan masih banyak lagi. Dalam dunia kuliner jeruk nipis sering ditambahkan kedalam berbagai jenis makanan sebagai tambahan rasa. Jeruk nipis memiliki aroma dan cita rasa yang segar, sehingga menjadikan jeruk nipis banyak dibuat menjadi berbagai olahan minuman. Coba sebutkan minuman dari jeruk nipis apa saja yang pernah anda coba?

Berbagai jenis minuman dapat dibuat dari jeruk nipis, salah satunya ada Nyess jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya ada asam amino, minyak atsiri, kalsium, fosfor, hesperidin. Selain itu jeruk nipis juga mengandung senyawa antioksidan, damar, glikosida, asam sitrun, lemak, besi, belerang vitamin B1 dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan tersebut, maka tak jarang jika kebanyakan orang menyebut jeruk nipis sebagai minuman herbal. Minuman herbal merupakan minuman yang berasal dari bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Jeruk nipis disebut sebagai minuman herbal karena jeruk nipis memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit. Sebelum anda semakin penasaran penyakit istimewa apa yang dapat diobati dengan jeruk nipis. berikut beberapa penyakit yang dapat diobati  dengan manfaat minuman jeruk nipis.

Demam

Seringkali banyak orang yang salah kaprah mengenai demam dan menyebut demam sebagai salah satu jenis penyakit. Namun, sebenarnya demam bukan merupakan suatu penyakit melainkan gejala yang sering menyertai datangnya penyakit seperti flu. Demam merupakan sebagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat adanya bakteri, parasit dan virus. Pada umumnya, seseorang dapat dikatakan demam apabila kondisi tubuh berada di atas angka 38 derajat celcius. Sebagai pertolongan pertama mengobati demam secara herbal, anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai obat penurun demam. Vitamin C ditemukan dalam konsentrasi tinggi di dalam buah jeruk, yang dapat  secara alami menurunkan suhu tubuh. Caranya pun cukup mudah dengan menyeduh air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Cara ini dapat anda coba apabila demam masih tergolong demam ringan hingga demam sedang.

Batuk

Seperti halnya dengan demam, batuk juga bukan merupakan suatu penyakit. Melainkan batuk adalah mekanisme respon alami tubuh untuk menyingkirkan berbagai zat yang dapat menghalangi saluran pernapasan hingga menimbulkan iritasi. Terdapat dua jenis batuk yang sama sama mengganggu anda yaitu batuk berdahak yang biasanya disertai dengan lendir dan batuk kering. Citrus aurantifolia atau jeruk nipis memiliki Kandungan minyak atsiri yang dipercaya dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Mengatasi haid kurang lancar

Haid atau menstruasi atau datang bulan merupakan fase yang dialami perempuan setiap bulannya. Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Untuk kategori menstruasi yang normal biasanya dialami antara 5 hari hingga 7 hari setiap bulannya. Pasti anda akan mengalami rasa yang tidak tenang apabila haid anda datang dengan periode yang tidak teratur. Apabila anda mengalami hal tersebut, usahakan jangan panik. Berbagai studi mengatakan bahwa jeruk nipis dapat digunakan sebagai pertolongan awal anda dapat mengkonsumsi minuman jeruk nipis dan madu yang diseduh dengan air hangat.

Mengurangi vertigo

Vertigo merupakan gejala medis yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa pusing yang berlebihan. Biasanya penderita vertigo akan merasakan bahwa keadaan di sekelilingnya berputar. Apabila keadaan vertigo semakin parah maka akan ditandai dengan perasaan mual dan muntah. Ada beberapa jenis tanaman obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi vertigo salah satunya yaitu Citrus aurantifolia atau dikenal dengan mana jeruk nipis. Banyaknya kandungan zat yang terdapat pada jeruk nipis dipercaya mampu meredakan vertigo.

Menghentikan kebiasaan merokok

Apabila anda adalah seseorang yang sudah tergolong perokok berat, anda perlu berhati hati karena kebiasaan tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru anda. Namun, untuk para perokok berat tentu mengalami kesulitan apabila harus berhenti merokok secara drastis. Pada sebuah studi baru di Universitas Srinakharinwirot di Thailand,  baru-baru ini melakukan riset bahwa kecanduan pada rokok dapat dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Dan mengatakan bahwa Jeruk nipis ini merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi rasa keinginan merokok bagi perokok. So, untuk anda perokok berat, mungkin cara ini dapat membantu anda untuk mengurangi kebiasaan buruk merokok anda.

Wah, ternyata banyak juga kan manfaat minuman jeruk nipis yang dapat anda peroleh untuk mengatasi berbagai penyakit seperti di atas. Meskipun jeruk nipis tergolong kedalam jenis jeruk yang paling kecil, namun jangan salah banyak penyakit yang dapat anda sembuhkan dengan mengkonsumsi minuman jeruk nipis. Mungkin untuk para perempuan setelah ini anda dapat menambahkan jeruk nipis kedalam list belanja bulanan anda. Praktis, ekonomis, dan mudah ditemukan. Selamat mencoba.