Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat diminati oleh banyak orang, karena jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia, vitamin jeruk diantaranya vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Ada beberapa jenis jeruk, diantaranya jeruk buah, jeruk nipis dan jeruk lemon serta jeruk sayur. Kali ini Kebun Maker akan sedikit membahas mengenai jeruk nipis, jeruk nipis berwarna hijau ukurannya seperti jeruk lemon yang agak lonjong. Jeruk nipis bisa dikonsumsi dengan cara diminum atau ditambahkan ke dalam masakan tertentu, yang tentu nya sebagai tambahan penyedap rasa.

Karena banyak digemari dan di butuhkan, buah ini banyak ditanam di perkebunan, dan juga banyak yang menanam di pekarangan rumah karena untuk menanam dan merawatnya terbilang mudah. Menanam pohon jeruk selain memanfaatkan pekarangan rumah anda juga bisa menghemat pengeluaran sehingga tidak usah membeli jeruk.

Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah

Untuk menanam jeruk nipis bisa dengan menggunakan dari biji, hasil stek, mencangkok dan okulasi dari jeruk tersebut. Jika menginginkan tanaman jeruk nipis anda berbuah dengan sangat baik dan cepat, kami menyarankan Anda menanam dari hasil okulasi. Karena tanaman yang dihasilkan dari teknik okulasi memiliki sifat unggul hasil pencampuran kedua indukan nya.

Untuk merawat tanaman jeruk nipis ini sangat mudah, hanya dengan menyiram tanaman secara rutin dan memberikan pupuk tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Apabila anda menginginkan tanaman jeruk nipis bertumbuh subur anda cukup memberi sedikit tambahan perawatan pada tanaman ini. .

3 cara menanam Jeruk Nipis agar cepat berbuah

  • Memberi Pupuk Yang Tepat

Pohon jeruk nipis membutuhkan pupuk yang mengandung Unsur P dan K yang tinggi, terbukti secara efektif dapat merangsang pertumbuhan bunga pada pohon jeruk nipis. Pertama berikan pupuk TSP sebanyak 50 gram per tanaman.

Jika tanaman sudah menghasilkan bunga, berikan pupuk TSP 15:15:15 dengan ukuran 1 sendok makan larut kan pada 10 liter air. Kemudian larutan tersebut disiramkan ke tanaman sebanyak 0,5 liter/tanaman.

Selain itu proses pemupukan juga bisa dilakukan dengan membenamkan pupuk tersebut ke dalam tanah di sekeliling tanaman dengan kedalaman 10 cm. Lakukan secara rutin minimal selama 4 bulan berturut-turut, supaya hasilnya maksimal.

  • Mengatur Stres Air

Mengatur Stres air ini memaksa tanaman supaya beradaptasi secara optimal, dengan cara tidak menyiram tanaman selama 3 – 5 hari sehingga tanaman tampak layu, kemudian lakukan penyiraman sedikit saja namun rutin, sampai tanaman tampak segar kembali. Lakukan Proses ini selama 4 – 6 minggu.

  • Memangkas Cabang Tanaman

Cabang yang di pangkas pada tanaman adalah cabang yang sudah tua, tidak normal atau tidak sehat. Cabang tanaman jeruk nipis yang sudah di pangkas akan menghasilkan cabang baru yang lebih produktif, pemangkasan di lakukan dengan teknik 1-3-9.

Jadi caranya memelihara 1 batang utama sampai tingginya sekitar 80-100 cm, kemudian pelihara cabang primer sebanyak 3 cabang yang tumbuh dari batang utama tadi. Selanjutnya setiap cabang primer tersebut akan menumbuhkan cabang sekunder, pelihara 3 cabang sekunder per 1 cabang primer.

Jadi pohon jeruk nipis mempunyai 1 batang utama, 3 cabang primer, dan 9 cabang sekunder, rawatlah cabang sekunder sampai ukuran sekitar 30-50 cm. Dan dari cabang sekunder itu akan muncul tunas bunga jeruk nipis yang akan berbuah.

Itulah tips supaya tanaman jeruk nipis anda cepat berbuah dan tumbuh dengan baik, demikian sedikit informasi dari Kebun Maker semoga bermanfaat, Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Terima Kasih.